Minggu, 12 April 2015

TUPPERWARE

Kata Pengantar

Tupperware adalah perusahaan yang telah lebih dari 70 tahun berkecimpung dalam pembuatan produk plastik bermutu. Produk Tupperware terbuat dari bahan plastik berkualitas terbaik, tidak me-ngandung zat kimia beracun dan sudah memenuhi standard dari beberapa badan dunia seperti FDA (Food and Drug Administration) Amerika, European Food Safety Authority (Eropa), Japan Food Safety Commision (Jepang), sehingga selain aman digunakan berkali-kali untuk  makanan dan minuman (Food Grade) juga ramah lingkungan karena produk Tupperware yang rusak bisa di daur ulang menjadi produk lain seperti bangku plastik, pot tanaman, tempat sampah.
Kami mengambil Tupperware sebagai produk dari strategi marketing karena Tupperware dianggap sebagai produk yang cocok untuk dijadikan iklan karena sebagaimana yang kita ketahui Tupperware sangat jarang tampil di iklan tv karena sudah terkenalnya produk ini. Kami kelompok 2 akan mencoba membuat strategi marketing dari Tupperware.

Strategi Marketing
Tupperware
Segmentation
v  Segmen  : Perempuan terutama ibu rumah tangga

v  Demog    : Usia pelanggan >25 ( wanita 25 tahun ke atas )

v  Psikog  : Tupperware sangat cocok digunakan untuk menyimpan makanan dan   mudah dibawa kemanapun karena bentuknya yang ergonomis, praktis dan rapi disusun ke atas sehingga menghemat tempat karena fleksibel bagi area simpan yang luas maupun terbatas  dan harganya sangat terjangkau serta proses membelinya dapat dicicil beberapa kali serta tupperware adalah produk yang memiliki garansi selamanya.

v  Perilaku  : Karena unik dan berkualitasnya produk ini maka setiap dikeluarkannya produk baru dari Tupperware maka para wanita yang menyukai tupperware ini akan membeli produk tersebut, dikeluarkannya produk baru mungkin dalam jangka waktu enam bulan sampai satu tahun, jadi dapat dikatakan membelinya sekali sekali saja.

Communitizitation
Pembentukan komunitas dari Tupperware ini karena adanya ketertarikan yang sama terhadap produk dan pelanggan juga menjadi sales dalam penjualan produk ini sehingga sales ini akan membuat sebuah grup untuk memperkenalkan atau mempromosikan jika ada produk baru dan pelanggan bisa tertarik menjadi sales karena perusahaan memberikan hadiah yang menarik kepada sales jika penjualan mereka mencapai target seperti sales pergi ke Hongkong dan Macau, sehingga para sales akan berlomba lomba untuk memasarkan produk mereka.






Targetting 

                                                   Targetting
Sasarannya pada pasar perkotaan dan sedikit pada pasar pedesaan, terutama ibu rumah tangga karena di pasar perkotaan umumnya para ibu lebih sering berkumpul dalam suatu komunitas seperti arisan, karena para ibu jika berkumpul sering sekali mereka membahas tentang alat dapur, sehingga produk lebih mudah dipasarkan di perkotaan tetapi produk ini juga dipasarkan di pedesaan, ada juga desa yang memiliki sales untuk memasarkan produk ini tetapi tidak sebanyak di perkotaan. Memperluas kehadiran produk tupperware dan juga meningkatkan potensi dari produk tupperware tersebut

Confirming
Menanyakan pendapat para pelanggan dari sales atau dalam komunitas Tupperware, sehingga perusahaan tau apa yang diinginkan dari konsumen dan perusahaan tau langkah apa yang harus dilakukan dalam meneruskan produk ini ke pelanggannya, serta menanyakan kepuasan konsumen terhadap produk, juga dalam menanyakan ini perusahaan juga bisa sambil mempromosikan produk atau memberikan hadiah menarik.

Positioning
Membuat para ibu lebih efisien dalam menata makanan, para ibu yang memperhatikan kualitas dan kuantitas suatu prosuk akan memilih Tupperware karena memberikan produk yang terbuat dari plastik yang sangat aman digunakan untuk menyimpan segala jenis makanan, karena bahan dari tupperware sendiri juga dengan kualitas yang sangat bagus dan aman untuk kesehatan. Jadi keuntungan dari produk tupperware itu sendiri produk tersebut sangat aman  untuk dipakai, dengan jangka waktu yang lama, sehingga kesehatan tidak terganggu. Untuk perbedaan dengan produk lain, produk tupperware memberikan variasi warna yang menarik dan variasi bentuk tempat yang menarik pula, seperti pada produk untuk anak-anak kecil.

Gambar Tupperware





Konsep Iklan Tupperware
Suatu hari Bunga dan teman-temannya berkumpul untuk membuat tugas. Bunga nerasa haus dan dia pun mengambil minum di dalam tasnya, tiba-tiba Bunga terkejut karena bukunya basah, salah satu teman Bunga yang bernama Ani pun bertanya kenapa bisa terjadi demikian, Bunga menceritakan bahwa botol air mineral yang dibawanya tumpah dan membuat bukunya basah. Lalu Ani mengeluarkan botol minumannya dari dalam tas dan menunjukkannya kepada teman-temannya, Ani menjelaskan semenjak dia menggunakan tupperware ia tidak perlu khawatir  karena tupperware anti bocor, mudah dibawa, variatif, menarik, dan harganya pun terjangkau, saat Ani sedang menjelaskan tiba-tiba botol tupperware jatuh dan mengenai batu tetapi tupperware tetap aman tidak lecet. Bunga dan teman-temannya yang lain pun tertarik untuk membelinya. Mereka bertanya dimana mereka bisa membeli Tupperware seperti Ani. Ani menjelaskan bahwa kini Tupperware mudah didapatkan, mereka bisa membelinya bukan hanya melalui agen saja, tetapi kini Tupperware sudah terjual di toko-toko pecah belah. Akhirnya Bunga pun membuang botol minumannya ke tong sampah dan dia pun beranjak untuk membeli Tupperware. 

Referensi

Kelompok 3 :
Agus Setiawan
Apriyani
Faradita
Rahmi Jannati
Rizqa Fadhila
Randa Junizar


Faradita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates