Senin, 11 April 2016


Pembiayaan merupakan pemberian fasilitas dana untuk nasabah dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk melakukan suatu pekerjaan atau suatu hal lainnya. Dijelaskan oleh Syafi’I Antonio dalam bukunya Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik bahwa pembiayaan secara umum terbagi menjadi dua, yaitu yang pertama pembiayaan produktif, di mana pembiayaan digunakan untuk peningkatan usaha. Kedua, pembiayaan konsumtif, pembiayaan konsumtif yaitu pembiayaan yang akan habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Menurut keperluannya, pembiayaan produktif dibagi lagi menjadi dua, yaitu, pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja yaitu pembiayaan untuk meningkatkan produksi baik itu jumlah produksi ataupun kualitas produksi dan untuk keperluan perdagangan. Pembiayaan investasi, yaitu untuk memenuhi kebutuhan modal.

Bank konvensional memberikan kredit modal kerja dengan cara meminjamkan uang yang dibutuhkan oleh nasabah dalam jangka waktu tertentu dengan syarat kredit dan disertai oleh bunga, dan menurut Islam bunga adalah riba yang haram hukumnya. Sedangkan bank syariah  membantu memenuhi pembiayaan tersebut bukan dengan meminjamkan uang, melainkan dengan menjalin hubungan mitra dengan nasabah, dimana bank bertindak sebagai pemberi modal (shahibul maal), sedangkan nasabah sebagai pekerja (mudharib). Dan keuntungan dari hasil kerja tersebut akan dibagi sesuai dengan persyaratan, yang sering disebut dengan bagi hasil.

Pembiayaan bank syariah yang sering digunakan dalam modal kerja dan investasi yaitu, mudharabah dan musyarakah. Dalam jual beli, murabahah, bai’ salam dan bai’ isnishna. Dan ada dalam bentuk sewa yaitu ijarah al muntahia bit-Tamlik. Berikut ini akan diuraikan secara singkat beberapa produk pembiayaan dan jual beli di bank syariah.

Pertama, mudharabah. Mudharabah yaitu akad bagi hasil dimana pemilik modal menyetorkan modalnya 100% kepada pekerja. Dan keuntungannya akan dibagi sesuai dengan persyaratan. Kedua, musyarakah. Musyarakah yaitu akad bagi hasil dimana mitra A dan mitra B saling memberikan modal, dan kemudian keuntungannya akan dibagi sesuai dengan persyaratan. Ketiga, murabahah. Murabahah yaitu akad jual beli, dimana bank membeli barang (yang diperlukan mitra) dan menjual kepada mitra sebesar harga pokok ditambah dengan margin yang disepakati dan kemudian mitra akan mengangsurkan uangnya ke bank.

Selanjutnya, yang keempat adalah bai’ salam. Bai’ salam yaitu akad jual beli, dimana bank memesan terlebih dulu barang yang diinginkan mitra sesuai dengan spesifikasi dan kejelasan barang yang akan dipesan, dan dengan margin yang disepakati bersama dan pembayaran dilakukan di muka secara penuh. Kelima bai’ Istishna. Bai’ istishna yaitu akad jual beli, dimana bank memesan barang terlebih dahulu yang diinginkan mitra sesuai dengan spesifikassi dan kejelasan barang yang akan dipesan, dan dengan margin yang disepakati bersama dan pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan apakah di muka, cicilan, ataupu dibayar belakangan. Dan yang terakhir adalah ijarah muntahiah bit-Tamlik. Ijarah muntahiah bit-Tamlik adalah akad sewa, dimana bank akan memberikan sewa kepada penyewa yang diikuti janji bahwa pada saat yang ditentukan kepemilikan barang sewaan akan berpindah kepada penyewa.

Dalam bank konvensional, baik itu dalam pembiayaan, jual beli, ataupun sewa. Semuanya menggunakan bunga yang disepakati diawal. Apabila itu modal kerja, bank telah menetapkan bunga, baik itu untung ataupun rugi. Disinilah yang menjadi letak dari riba dan dilarang dalam Islam karena membebani dan merugikan. Larangan riba jelas tertulis di dalam Al Qur’an surah Al Baqarah : 278-279 yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang orang yang beriman. Maka, jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan, jika kamu bertobat (dari pengambilan riba) maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya.

Kesimpulannya adalah terdapat beberapa perbedaan pembiayaan bank syariah dan bank konvensional. Bank konvensional dalam memberikan pembiayaan yaitu dengan cara meminjamkan uang kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu dengan syarat kredit dan disertai dengan bunga. Kesepakatan bunga pembiayaan konvensional seluruhnya dilakukan di awal kesepakatan, bank konvensional tidak memperhitungkan apakah usaha tersebut rugi atau untung, bank konvensional hanya memperhitungkan bunga yang telah disepakati pada awal kesepakatan untuk diberikan kepada bank.  Bank konvensional juga tidak mempunyai produk produk seperti yang ditawarkan oleh bank syariah.

Bank syariah dalam memberikan pembiayaan yaitu dengan menjalin hubungan mitra dengan nasabah, dimana bank akan memberikan sejumlah uang atau modal kepada nasabah kemudian disepakati pembagian keuntungan dengan cara bagi hasil. Sehingga tidak akan ada yang dirugikan, nasabah mendapat keuntungan begitu pula bank. Apabila rugi juga akan ditanggung bersama. Bank syariah juga menawarkan produk produk pembiayaan, yaitu  mudharabah, musyarakah, murabahah, bai’ salam, bai’ isnishna dan ijarah al muntahia bit-Tamlik sehingga dalam menjalankan suatu hal pembiayaan akan jelas dan tidak ada yang ditutup tutupi karena ada akadnya.

Oleh :
Faradita
1501104010030
Ekonomi Islam
Universitas Syiah Kuala

3 komentar

Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia hidup.
Nama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang ibu Rossa Stanley. Favourite, sebuah perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
Dan saat itulah kehidupan saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dikuburkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Tetangga Annisa Berkarya yang kini pindah ke Singapura, dia membantu saya untuk menghubungi ibu Rossa Stanley yang dia katakan seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya memberi tahu ibu cerita saya, dia meminta Dokumen saya yang saya tunjuk dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya sudah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa Stanley melalui perusahaan pinjamannya, ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus berbagi cerita ini sehingga warga negara saya bisa mendapatkan manfaat darinya, jangan menghubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu saya proses persetujuan kredit telah selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. ibu rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini

ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
TULISKAN MEREKA HANYA +12133153118

Ini adalah kesaksian saya dan itu dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang di bawah jika Anda ragu

begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini adalah email saya: nadiasisworo@gmail.com
Dan di bawah ini adalah rincian akun saya yang mendapat kredit dari rossastanleyloancompany,

Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
Nama akun: Nadia Sisworo
Nomor akun: 0504482516
Bank Nmae: Bank Negara Indonesia (BNI)

REPLY

Assalamualaikum


Calls Only::::{+16264653418}
WhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
{{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

REPLY

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

REPLY

Faradita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates