Rabu, 13 April 2016

Hidup manusia sekarang ini tentunya tidak terlepas dari yang dinamakan gadget. Mungkin jika mendengar kata gadget maka yang terbayang di pikiran kita adalah smartphone, tab, ipad, iphone, dan lain sebagainya. Apa itu gadget? Gadget adalah sebuah teknologi kecil yang mempunyai fungsi khusus (sumber: Indonesiaindoneisa.com). Dengan gadget kita mendapatkan informasi, mendapatkan berita tentang kejadian yang terjadi di sekitar kita ataupun yang jauh jaraknya, tidak perlu membaca koran atau menonton berita di televisi, hanya dengan gadget hal apapun yang ingin kita ketahui ada di dalamnya. Gadget ini juga dapat menjalin komunikasi atau silaturahmi. Gadget biasanya dimainkan pada waktu senggang  saat pekerjaan lain sudah selesai. 
Nah, kejadian yang saya amati 2 hari belakangan ini adalah maraknya pengguna gadget di jalanan. Kenapa ini yang saya amati? Bukankah sudah biasa orang menggunakan gadget di jalanan? Tidak, ini tidak biasa. Ini luar biasa. Bukan maraknya orang yang berjalanan kaki yang menggunakan gadget tapi maraknya orang yang menggunakan gadget pada saat berkendara. Luar biasa bukan? Coba anda bayangkan bagaimana bahayanya menggunakan gadget pada saat mengendarai motor atau pun mobil di jalanan. Banyak resiko yang bisa terjadi, apakah itu kecelakaan dengan kendaraan lain ataupun kecelakaan dengan orang yang berjalan di jalanan, terlebih lagi anak kecil yang suka bermain kesana kemari, dan mungkin saja dapat masuk ke selokan ataupun yang lainnya. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab dari seseorang menggunakan gadget di jalanan. 
Saya mengambil hipotesa bahwa mungkin orang tersebut sedang terburu-buru sehingga tidak sempat berhenti sejenak untuk memainkan gadgetnya. Ataupun mungkin sedang menanyakan kabar temannya sudah sampai atau belum di tempat tujuan. Tetapi tetap saja, tidak ada salahnya untuk berhenti agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Gadget adalah alat yang canggih yang diciptakan untuk mempermudah dan menjalin komunikasi, jangan sampai gadget justru menjadi sumber dari permasalahan pada diri sendiri ataupun orang lain.  

Faradita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates