Minggu, 22 Mei 2016

Perbankan Syariah adalah jurusan yang akhir-akhir ini sangat diminati oleh sekalangan kaum hawa maupun adam, khususnya di Aceh di Universitas Islam Negeri Ar Raniry. Mengapa demikian? Penasaran?
Check this out!
Pertama-tama mari kita tela-ah dahulu apa itu perbankan syariah. Perbankan syariah adalah sebuah jurusan yang mempelajari ekonomi sesuai syariah Islam dimana dasar ajarannya adalah al qur’an, sunnah, ijma’ dan qiyas. Perbankan syariah mempelajari bagaimana ekonomi terhindar dari riba yang menzalimi umat manusia selama ini. Perbankan syariah adalah solusi untuk ekonomi di era globalisasi ini karena tidak membebankan bunga dan mempunyai prinsip bagi hasil.
Di Aceh, tidak semua universitas membuka jurusan perbankan syariah ini. Salah satu universitas yang membuka jurusan ini adalah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) yang dulunya dikenal dengan nama Institut Agama Islam Negeri Ar Raniry (IAIN Ar Raniry). Pada awal dibukanya jurusan ini pada tahun 2014, peminat perbankan syariah ini sangat membludak. Melebihi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang notabenenya adalah jurusan paling populer di universitas tersebut.
UIN Ar Raniry sendiri adalah sebuah universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1960 yang dulunya mempunyai nama IAIN Ar Raniry. Universitas ini sejak dahulu sudah sangat melekat dan dikenal dengan keislamannya, jurusan jurusan yang ada di universitas ini pun semuanya mengandung keislaman. Tak heran jika univeritas ini membuka sebuah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam sebagai penunjang ekonomi dan muamalah di provinsi Aceh yang dikenal sebagai “Serambi Mekkah”.
Perbankan Syariah sendiri lahir bersamaan dengan dibukanya Fakultas Ekonomi Bisnis Islam di UIN Ar Raniry. Walaupun baru berdiri sekitar 2 tahun, tetapi jurusan ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Mengapa demikian? Karena perbankan syariah di UIN Ar Raniry ini memiliki dosen dosen yang luar biasa yang paham akan ekonomi dan agama. Terkadang ada yang mengatakan, ekonomi dan agama itu tidak dapat disatukan, hal itu seperti minyak dan air. Tetapi sebenarnya pandangan tersebut salah, karena segala hal yang kita lakukan di dunia ini harus sesuai syariat dan agama Islam.  Bayangkan, saat kita belajar dan menuntut ilmu di perbankan syariah, kita mendapatkan pahala dunia dan akhirat. Sungguh berkah, bukan?







Pada saat awal semester, pertama-tama di perbankan syariah ini akan mempelajari dulu ilmu agama seperti mata kuliah ulumul qur’an dan hadist, metodologi studi islam dan lain sebagainya. Kemudian semester selanjutnya baru akan dipelajari pelajaran pelajaran ekonomi tetapi juga tak lepas dari ilmu agama. Mungkin ini dimaksud agar dalam mempelajari ilmu dunia juga dibarengi dengan ilmu akhirat sehingga tidak akan sesat dijalan.

Ruangan belajar dan dosennya pun sungguh sangat menyenangkan, dosen dosennya mempunyai ilmu yang banyak dan ramah sehingga keadaan kelas menjadi hidup dan belajar menjadi tidak membosankan. Di UIN Ar Raniry, sistem belajar banyak digunakan dengan cara diskusi, hal ini dimaksud agar mahasiswa lebih aktif dan kritis dalam ruangan kelas.





Lulusan perbankan syariah di UIN Ar Raniry ini memiliki prospek kerja yang sangat luas. Karena tenaga mengajar yang benar paham akan perbankan syariah masih sangat sedikit. Bagi yang suka mengajar ini adalah sesuatu kesempatan yang gemilang. Terlebih lagi, tidak lama lagi dikabarkan bahwa bank yang ada di Aceh akan di konversikan ke syariah. Tentu saja ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan karena terbukanya lapangan pekerjaan yang luas.

Nah untuk siapapun yang masih bingung galau gundah merana akan memilih jurusan apa, atau mau masuk kemana, memikirkan prospek kerja dan lain sebagainya. Tidak usah khawatir lagi. Perbankan syariah UIN Ar Raniry adalah solusinya. Selain mempunyai dosen dosen yang luar biasa, juga mempunyai prospek kerja yang sangat luas.  Tak heran jika perbankan syariah ini sangat eksis dan banyak sekali peminatnya. 

Faradita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates