Minggu, 31 Mei 2015

Asuransi Syariah
ALWAYS HERE
Memberi Untuk Membagi

 
            Always Here adalah asuransi berbasis syariah yang melayani kebutuhan darurat masyarakat, yaitu sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Disni dikelola sebuah sistem di mana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh kontribusi atau premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah yang dialami oleh sebagian peserta. Proses hubungan peserta dan perusahaan dalam mekanisme pertanggungan pada asuransi syariah Always Here adalah sharing of risk atau saling menanggung risiko. Apabila terjadi musibah, rnaka sernua peserta asuransi syariah Always Here saling menanggung.Dengan demikian, tidak terjadi transfer risiko (transfer of risk atau memindahkan risiko) dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional.
Peranan perusahaan asuransi pada Asuransi Syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta, dimana investasi dalam asuransi syariah ini hanya pada hal yang berbentuk halal dan diperbolehkan menurut agama Islam
Sesuai dengan nama asuransi syariah ini, Always Here selalu tersedia kapan saja dan dimana saja serta tersedia untuk berbagai kalangan, kami menawarkan produk yang paling menarik yaitu asuransi berbasis syariah untuk mahasiswa, karena kami mengerti bahwa banyak mahasiswa yang merantau untuk mendapat pendidikan sehingga ketika terjadinya musibah kecelakaan ataupun sakit seringkali menyusahkan pihak mahasiswa karena jauh dari orang tua, karena itu asuransi Always Here menawarkan produk menarik ini untuk seluruh universitas, jadi ketika mahasiswa mendapat musibah maka asuransi Always Here berdiri paling depan untuk menolongnya.
Asuransi ini mempunyai logo yaitu seorang manusia yang merentangkan tangannya seakan dia bebas dan terlindungi oleh suatu lingkaran, ini menunjukkan bahwa manusia yang masuk dalam asuransi Always Here ini akan tetap bahagia dan terlindungi oleh asuransi ini. Warna oranye disini menunjukkan warna safe yang berarti aman.
           Asuransi ini bertujuan untuk saling bekersama di dalam mengadapi marabahaya, dan ikut andil di dalam memikul tanggung jawab ketika terjadi bencana. Caranya yaitu beberapa orang  menyumbang sejumlah uang yang dialokasikan untuk kompensasi untuk orang yang terkena kerugian. Asuransi ini tidak bertujuan komersil maupun mencari keuntungan dari harta orang lain, tetapi hanya bertujuan untuk meringankan  ancaman bahaya yang akan menimpa mereka, dan berkersama di dalam menghadapinya.
Asuransi ini bebas dari riba, baik riba fadhal, maupun riba nasi’ah, riba nasi’ah adalah tambahan pembayaran hutang yang diberikan oleh pihak yang berutang karena adanya permintaan penangguhan pembayaran pihak yang berutang. Tambahan pembayaran itu diminta oleh pihak yang berpiutang setiap kali yang berutang meminta penangguhan pembayaran utangnya, riba fadhal adalah suatu bentuk transaksi tukar menukar barang ribawi dan yang sejenis dengan adanya tambahan. Asuransi ini tidak mengandung tiba karena akadnya tidak ada unsur riba dan premi yang dikumpulkan anggota tidak diinvestasikan pada lembaga yang berbau riba. Ketidaktahuaan para peserta asuransi mengenai kepastian jumlah santunan yang akan diterima bukanlah sesuatu yang berpengaruh, karena pada hakikatnya mereka adalah para donatur, sehingga di sini tidak mengandung unsur spekulasi, ketidakjelasan dan perjudian.

Strategi Asuransi Syariah Always Here
Kegiatan pemasaran asuransi merupakan salah satu pilar utama dan sebagai ujung tombak dalam bisnis asuransi baik asuransi kerugian maupun asuransi jiwa. Tingkat persaingan yang semakin ketat dan keras di bisnis asuransi sehingga diperlukan jaringan kerja yang luas, tenaga pemasaran yang tangguh dan perlu didukung dengan database nasabah dan calon nasabah yang terintegrasi dalam rangka menyusun strategi pemasaran yang handal.
Segmentation
·         Segmen                                 :  Seluruh kalangan tidak terkecuali

·       Demog                                  : Karakteristik demografis yang paling sering digunakan adalah usia, gender, status perkawinan, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dll. Usia pelanggan relative, karena ada yang didaftarkan ataupun mendaftarkan diri

·      Psikologi                                : Asuransi sangat baik diterapkan karena asuransi merupakan suatu jaminan bagi setiap individu di masa yang akan datang, dengan peran penting dari asuransi bagi individu, maka orang-orang akan sangat meminati asuransi, asuransi yang ditawarkan disini pun berbentuk syariah tidak terkandung unsur riba sehingga halal, hal ini lah yang mmebuat perbedaan dengan asuransi konvensional dan disini bersifat tolong menolong tidak hanya bersifat pada mencari keuntungan

·  Segmentasi psikografis     : Segmentasi psikografis ini meliputi kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, persepsi, serta  sikap. Asuransi always here ini ditujukan kepada semua kelas sosial baik kelas menengah ke bawah maupun kelas menengah ke atas karena asuransi berbasis syariah ini melayani setiap kebutuhan darurat masyarakat.

Communitization
       Terbentuknya suatu komunitas secara horizontal (dilakukan oleh orang yang setara, bukan perusahaan). Dalam komunitas ini, terdapat kesamaan interest atau values antar-anggota komunitas sehingga dengan kesamaan interest dan values ini setiap anggota kelompok dapat memperkenalkan dan mempromosikan produk Asuransi Always Here

Targeting
            Targeting adalah proses memilih target market yang tepat bagi produk dan jasa perusahaan. Produk asuransi Always Here ini dapat dimiliki baik oleh laki-laki maupun perempuan. Berdasarkan usia asuransi syariah ini tidak memiliki batasan usia bagi pelanggan, usia pelanggan bebas untuk mendapatkan asuransi syariah ini, karena asuransi ini bertujuan untuk menolong setiap masyarakat. Hal ini menandakan bahwa asuransi Always Here ini dapat dimiliki setiap individu dan tidak memandang usia atau gender.
            Kami akan menargetkan produk tersebut kepada konsumen baik dari kalangan anak-anak,remaja. Di sini kita akanmendirikan asurasi tersebut dengan melakukan kerja sama dengan beberapa pihak atau lembaga sehingga dapat menjamin asuransi setiap individu ini dapat terjaga dan perusahaan kami dapat dipercaya oleh seluruh peminat asuransi perusahaan yang kami dirikan.

Positioning
Positioning adalah upaya menempatkan produk di benak pelanggan. Oleh karena itu asuransi Always Here akan mendirikan sebuah pusat perusahaan di suatu daerah kemudian akan mendirikan beberapa perusahaan kecil beberapa daerah agar lebih mudah dijangkau oleh peminat atau pelanggang, dengan adanya perusahaan kecil di beberapa daerah, maka perusahaan ini dapat lebih maju dibandingkan dengan perusahan lain. Asuransi Always Here juga akan memperhatikan keadaan masyarakat sekitar dan membuat promosi sebagaimana keadaan sekitar, asuransi Always Here memberikan produk yang akan mengurangi beban para anggotanya sehingga dapat berbagi masalah dan asuransi Always Here akan membantu, asuransi Always Here akan memberikan yang terbaik agar tidak mengecewakan para anggotanya, dengan adanya produk ini pun ibu ataupun bapak yang berada jauh dari anaknya dapat mengurangi rasa khawatirnya karena jika terjadi musibah akan ada asuransi Always Here

Taktik Asuransi Always Here
Dalam memajukan asuransi Always Here ini tentu saja kami menawarkan produk paling menarik tadi yaitu asuransi untuk di kalangan mahasiswa, karena kami melihat banyaknya mahasiswa yang terlibat kecelakaan, kami mempunyai ide yaitu menawarkan produk ini untuk instansi instansi seperti universitas dengan cara setiap semester mahasiswa membayar iuran SPP, saat mahasiswa membayar SPP akan diambil Rp 50.000 untuk asuransi ini, jadi setiap anak ditanggung jika terjadi musibah oleh asuransi Always Here ini, kontrak ini hanya berlaku selama 4 tahun saja, kemudian uang dari mahasiswa tersebut akan dibagikan kembali dalam bentuk uang yang sama jika selama 4 tahun ia tiak pernah mengalami kecelakaan ataupun musibah sekalipun, sekali lagi ditekankan tidak ada niat dari asuransi Always Here untuk mencari keuntungan lebih, melainkan untuk instansi saling tolong menolong.
Untuk mencapai target yang telah ditentukan tenaga marketing biasanya bekerjasama dengan agen sebagai downline, dan membina kerjasama dengan asistensi asuransi. Dalam pengelolaannya agar tidak saling berbenturan antar sesama tenaga marketing maka dilakukan pembagian wilayah area pemasaran sehingga diharapkan pelayanan kepada nasabah dapat menjadi efektif dan efisien. Evaluasi pencapaian target dilakukan secara periodik yaitu mingguan, bulanan dan semesteran.
            Karena mempunyai biaya modal sebesar 2 Triliun akan dipastikan cukup untuk membuat kantor pusat, penanaman modal asuransi dan pembiayaan tenaga kerja dan hal administrasi. Serta melalukan penyuluhan ataupun persentasi kepada bank bank syariah untuk ikut bergabung atau menggunakan layanan asuransi Always Here. Asuransi syariah Always Here juga mempunyai taktik untuk bekerja sama dan mencari sponsor, hal ini dikarenakan agar lebih membangun perusahaan dan tidak kehilangan modal. Sebuah bank syariah dapat memanfaatkan asuransi Always Here ini dalam bank mereka, jadi seluruh asuransi akan dikelola oleh asuransi Always Here.

Produk Asuransi Always Here
Your Life Always Here
Salah satu bentuk asuransi untuk kesehatan jiwa jika terjadinya musibah, bisa dimasuki oleh berbagai kalangan,  biaya yang mereka keluarkan akan diinvestasi pada hal yang halal, contohnya pembangunan perkantoran, jalan, dan memasukkannya dalam saham, dan lain sebagainya. Asuransi Always Here tidak membuka produk asuransi jiwa ataupun asuransi seumur hidup karena bertentangan dengan syariah Islam. Produk ini pun memakai akad tabaru' yaitu akad suka rela, sehingga selain produk untuk mahasiswa, produk untuk masyarakat tidak ditetapkan berapa jumlah yang harus dibayarkan karena asuransi ini hanyalah untuk saling tolong-menolong dan dana yang akan diambil dari asuransi ini sesuai kesepakatan dengan para anggota, asuransi ini hanyalah sebagai media untuk membantu, tidak untuk mencari keuntungan secara riil.  

Lembaga Penjamin Keuangan
Dengan mempunyai dana sekitar 2 Triliun, kami tidak hanya membangun atau mendirikan kantor pusat, penanaman modal asuransi dan pembiayaan tenaga kerja dan hal administrasi. Tetapi untuk menjamin seluruh dana customer, kami juga akan membangun atau sebuah lembaga yang menjamin setiap uang para customer. Lembaga ini berfungsi apabila terjadi hal-hal yang diluar perkiraan awal perusahaan. Misalnya seperti kebakaran, atau hal-hal lain yang dapat merusak sarana dan prasana perusahaan. Ketika hal itu terjadi, maka seluruh uang yang telah simpan para customer tetap terjamin dan bisa dikembalikam sesuai jumlah yang telah disimpan sesuai dengan iuran yang telah diberikan oleh para customer. Dengan demikian, perusahaan ini selalu mendapat kepercayaan dari masyarakat tanpa ada sedikit pun keraguan sehingga customer dapat terus berkesinambungan dalam melakukan asuransi terhadap perusahaan asuransi syariah Always Here.

Dewan Pengawasan Syariah
Dewan pengawasan syariah ini dibentuk agar selalu mengawasi gerak gerik, langkah dan produk perusahaan, karena sebagai lembaga syariah tentu saja tidak boleh menyalahi aturan yang berlaku dalam sebuah perusahaan. 

Branding
Brand merupakan elemen yang memberikan identitas pada sebuah bisnis apakah itu bisnis baru atau yang sudah eksis sebelumnya. Brand bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan, melainkan suatu perwujudan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Maka dari itu, tidak bisa menganggap rendah sebuah brand, karena brand adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan yang memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan memberikan hasil yang dapat dirasakan jangka panjang.
Di sini perusahaan asuransi Always Here membrand perusahaan dengan menngunakan logo yang dapat diingat oleh masyarakat dan akan menjadikan ciri khas tersendiribagi perusahaan. Ini akan membedakan perusahaan asuransi always here dengan perusahaan asuransi lai. Pembuatan logo ini bertujuan untuk menarik minat pelanggan dan mempromosikannya melalui berbagai cara salah satunya mempromosikan dengan media sosial
Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, perusahaan asuransi Always Here ini melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga agar menjamin dana yang telah disimpan oleh pelanggan, dengan jaminan ini maka pelanggan akan mempercayai perusahaan asuransi ini dan konsisten akan terus berlangganan terhadap perusahaan asuransi syariah Always Here
Dengan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam mewujudkan seluruh jaminan yang diinginkan oleh masyarakat, maka perusahaan akan selalu dikenang dan diingat masyarakat sebagai sebuah perusahaan yang terbaik karena dapat mewujudkan apa yang diinginkan oleh masyarakat. Dengan demikian ini juga dapat menarik minat masyarakat lain untuk bergabung dengan perusahaan asuransi Always Here
Sebuah perusahaan harus memilki cinta dari customer karena ini merupakan unsur yang membangkitkan dan mengembangkan perusahaan. Apabila perusahaan telah mendapatkan cinta dari para customer maka perusahaan akan lebih mudah dalam mengembangkan hal-hal baru yang berkaitan dengan asuransi Always Here ini, tentu saja untuk mendapatkan cinta dari para customer dibutuhkan kerja keras dan keuletan yang luar biasa agar cepat tanggap dan sigap apabila pelanggan mempunyai masalah dan musibah 

Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan asuransi Always Here ini adalah asuransi syariah yang mengedepankan sifat tolong-menolong bukan hanya mencari keuntungan, asuransi ini mempunyai produk yaitu menyediakan asuransi untuk seluruh mahasiswa karena jika terjadi musibah ataupun kecelakaan bag mahasiswa yang merantau ataupun tidak maka asuransi Always Here akan membantu dengan cara saat pembayaran SPP mahasiswa, asuransi mengambil Rp.50.000 untuk diinvestasikan dalam usaha yang halal, tentu saja tidak hanya ini produk yang ditawarkan, juga terdapat produk lain untuk membantu masyarakat ketika terjadinya musibah, untuk masyarakat yang ingin berinvestasi, asuransi kami tidak menetapkan berapa harga yang harus dibayarkan karena asuransi ini memakai akad tabaru' yaitu sumbangan suka rela, dan asuransi ini tidak menyediakan asuransi jiwa dan seumur hidup, tetapi hanya sebagai sarana tolong-menolong ketika terjadinya musibah. 
Asuransi ini mengedepankan moral dan kepercayaan, karena kami menganggap bahwa tidak akan maju sebuah perusahaan jika tidak adanya moral dari para pekerja, dan kami akan terus dan selalu berusaha untuk menolong dan memajukan perusahaan. Asuransi ini juga terbebas dari riba jadi para anggota yang tergabung tidak perlu khawatir akan dana yang dipercayakan kepada asuransi ini.
Tentu saja kita harus percaya bahwa segala musibah yang akan terjadi atas kehendak Allah dan manusia tidak bisa menghindari itu, tujuan dari asuransi ini adalah hanya untuk menolong masyarakat ketika dibutuhkan, tidak untuk mencari keuntungan dalam laba yang besar tetapi sama-sama dalam menanggung resiko, bukankah dalam Islam kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kemaslahatan manusia, mari kita memberi untuk membagi kepada yang membutuhkan. 
Maka dari itu ayo tergabung dalam PT. Asuransi Syariah Always Here, tersedia bagi seluruh kalangan, memberi untuk membagi dan akan terus selalu paling depan dalam menolong masyarakat insyaAllah.

Anggota :
Agus Setiawan
Apriyani
Faradita
Maulida Aulia
Nisa Ul Huswah

Rendika Candra

Faradita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates